Senin, 06 Juli 2015

Mojokerto



Yang puasa jangan ngiler yaa ? hehe
Hayoo itu gambar apa hayoo ?
Pasti semua udah pada tau kan ? yaa pasti sudah tau dongg hihi . Onde onde kan udah terkenal dimana mana hahaha .
Yap . Kota Onde Onde .
Itulah julukan  dan ciri khas kota kelahiranku , kota Mojokerto . Yaa begitulah , aku juga gaktau kenapa kota ku disebut dengan  kota onde onde , padahal didaerah lain pun juga banyak para pengusaha onde onde , mungkin karena onde onde di kota ku paling enak kali ya ? hihi .
mungkin , bisa jadi itulah sebabnya . Karena aku pun juga gaktau gimana sejarahnya . Kalau ditanya tentang makanan di Mojokerto sudah pasti buanyaak banget , tapi menurutku tidak ada yg spesial kecuali onde onde yg satu ini , karena didaerah manapun juga pasti ada makanan seperti yg ada di Mojokerto , contohnya : Gado gado , rujak , tahu campur , bakso dll . Pepes pun juga sama kayak di daerah daerah lain , pepes ikan pepes sayur dll . Itu kalau ngomongin masalah makanan tradisional , kalau makanan yg lebih modern lagi ya juga sama aja dengan kota kota lain , pokonya gak ada yg spesial deh hihi sama aja dimana mana , setauku sih hehe . Walaupun makanan nya gak ada yg spesial kecuali onde onde tadi , tetapi orang Mojokerto itu ramah ramah guys , Orang nya juga peduli sesama , kayak aku gini nih hihihi *pede . 

Nah kalau ini apa hayoo? 
serem ya ? *hiiii . Di Mojokerto ada satu budaya yg sebenernya aku takut ngeliatnya , namanya " Bantengan " . Yaa namanya juga budaya masyarakat , banyak sekali yg berbau mistis . Bantengan itu adalah sebuah pertunjukan . Seperti halnya reog dari ponorogo dan  lain sebagainya , bantengan juga memasukkan roh halus kedalam tubuh manusia yg dijadikan objek untuk pertunjukan bantengan . Bedanya , didalam pertunjukkan bantengan , sang banteng ( julukan ku buat si pelaku bantengan ) memakai kostum banteng *yaiyalah namanya juga bantengan . Kostum nya berwarna hitam . Bagian kepala memakai kepala banteng tiruan dan untuk badannya memakai kain hitam panjang . Badan banteng biasanya diisi 2 -3 orang , dan tentunya tiap2 orang itu diisi dengan makhluk halus sebelum pertunjukan dimulai . Horor banget kan ya ? . Di pertunjukan bantengan itu terdiri dari si banteng dan si algojo ( julukanku buat orang yg cambuk cambuk banteng nya ) , jadi waktu pertunjukkan berlangsung , si banteng itu beraksi layaknya banteng beneran , yaa liar gitu pokonya *hiii . Dan , para algojo itu mencambuk si banteng , dan si banteng gulung gulung ditanah dan akhirnya ada yg makan pecahan kaca trus kembang2 gitu . Maka dari tiu aku gakpernah lihat pertunjukkan itu soalnya yaa aksi nya ituloh serem banget . Kalau aku kerasukan gimana hayo *plakk . Di Mojokerto juga banyak membuat motif motif batik yg juga sudah terkenal di seluruh Indonesia , seperti motif merica bolong dsb. Well , seperti itulah beberapa budaya dan ciri khas Mojokerto , itu baru beberapa ajasih dan masih banyak juga sebenernya yg unik unik , tapi aku rasa cukup disini dulu yaa . next time aku bakal post lagi keunikan2 kota Mojokerto yg lain .
See you next post ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar